Mengatasi File Excel tertimpa atau ter-replace

Pada Minggu lalu saya pernah mengalami permasalahan pada saat mengerjakan pekerjaan menggunakan file excel (sebut saja file A) kemudian saya sudah selesai dan saya save as, kemudian saya beri nama file A dan ternyata file tersebut sudah ada dan tidak sengaja saya memilih replace untuk file A yg sudah ada sebelumnya. Permasalahan pun muncul karena file A yang sebelumnya tersebut adalah file yang sangat penting buat saya dan tidak ada file backupnya. Setelah sempat putus asa dan searching di google dan mendapatkan sebuah konsep pencerahan bahwa sebtulnya "proses replace itu adalah menghapus file lama dan membuat file baru" dari situ saya mencoba menggunakan sebuah aplikasi recovery gratis bernama "recuva" dan akhirnya menemukan file yg tertimpa atau ter-replace tadi dan mengembalikan file tersebut ke drive atau lokasi lain di daam PC yang sama :)
Untuk caranya sendiri seperti berikut :
  1. Download dan install aplikasi untuk mengembalikan atau recovery data yang sudah terhapus (saya menggunakan Recuva dpt didownload di http://www.piriform.com/recuva/download dan pilih saja yang free)
  2. Jalankan aplikasi tersebut dan cari file yang anda maksud (File A yang lama yang tertimpa atau ter-replace) ingat setiap aplikasi recovery berbeda-beda untuk cara pemakaiannya :)
  3. Kembalikan file tersebut dan usahakan di kembalikan ke lokasi atau drive yang berbeda dengan awalnya karena nanti akan menimpa kembali nama file yang sama dengan isi yang berbeda.
  4. Selamat mencoba dan semoga berhasil
  5. Semoga Berguna dan Bermanfaat